Monday, January 27, 2014

005.03.3001
 ANDA BERTANYA DAN BERKOMENTAR ( Saudaraku Rodhiiya DokterLizztrikk)

Saudaraku seluruh  pengamal Wahidiyah dimanapun Anda berada, khususnya pak Ahmad Dimyathi
Setelah saya membaca sebuah artikel, ada sebuah artikel yg memperso'alkan Wahidiyah ???.
Yang memperso'alkan itu adalah  K.H. Makrus aly lirboyo dll. yg kontras terhadap sholawat  wahidiyah, yg mereka permasalahkan adalah tentang pengamalan wahidiyah 40 hari akan menjadi ahli ma'rifat,semua perminta'an akan terkabul dan dalilnya darimana ??, dan tentang isnad minaladzillah dan lain-lain. .

Gmn tu, mohon penjelasan....., karena sangat meresahkan di masyarakat, utamanya didaerah kami...trima kasih........ .

KAMI MENJAWAB DAN MENANGGAPI  :

  • Mcs New Kampret Sau'dara'(?).....!!
  • Ahmad Dimyathi MA'AF SAUDARAKU RODLIYA DOKTER YANG DIRAHMATI ALLOH SWT, ANDA APAKAH SUDAH IKUT MENGAMALKAN SHOLAWAT WAHIDIYAH ATAU BELUM ? DAN PERNYATAAN KH. MAHRUS LIRBOYO ITU KALIMATNYA DIARTIKEL PERSISNYA GMN... APA MEMANG PERSIS SEPERTI ITU...???. INSYA ALLOH TAR AKAN DIJAWAB.... MKASIH JAZAA KUMULLOH...
  • Rodhiiya DokterLizztrikk Saya pengamal pak..tpi waktu saya iseng buka sebuah artikel,ada kalimat yg tdak mengenakkan dari seorang yg ada di ponpes daerah kaltim. .
  • Ibrahim Sattah Al Gibran sya trmasuk orang awam di wahidiyah, jd tdk tau psti ttg pro dn kontra ttg ajaran ini. krn yg saya tahu stlah mncoba 40harian, ada hal istimewa yg sya dptkn dn itu tk prnah sya dptkan sbelumnya. jdi kcuplah itu bukti ntuku prcya bhwa wahidiyah itu "hak". trima kasih.
  • Ahmad Dimyathi OK, MKSIH JAZAA KUMULLOH.... PENJELASAN DAN JAWABANNYA IKUTI BERIKUTI INI........
  • Ahmad Dimyathi SHODAQTA = ANDA BENAR....., MAKASIH DAN JAZAA KUMULLOH SAUDARAKU KANG IBRAHIM YANG DIBERKAHI ALLOH SWT, MF...TOLONG CERITAKAN PENGALAMAN ANDA SETELAH MENGAMALKAN SHOLAWAT WAHIDIYAH, MANFAAT APA YANG DIRASAKAN, PERUBAHAN APA YANG TERJADI...., PERBEDAAN APA SEBELUM DAN SESUDAH MENGAMALKAN SHOLAWAT WAHIDIYAH...? serta...ada hal istimewa yg sya dptkn dn itu tk prnah sya dptkan sbelumnya. jdi kcuplah itu bukti ntuku prcya bhwa wahidiyah itu "hak". (tolong jelasin pernyataan Anda tsb ! )..SEMOGA BERMANFAAT....AMIIN...
  • Ibrahim Sattah Al Gibran wah... bnyak bngt deh Pak. dlu wktu prtma 40harian, sblum sya knal siapa Romo Yai, beliau sdh mndatangi mmpi dn ngbrol sma sya. dn trnyta itu adl awal dr bgtu bnyak keajaiban dlm hdupku. dn ktika sya jauh dri ajaran dn trbuai dlm kmaksiatan dunia remaja, trnyta ksih syang beliau Romo mmpu smpai kpdaku, dn alhamdulillah skrng sya mulai 40harian lgi. alhamdulilah dh 6hri. adakah guru lain yg mmliki kmampuan dn ksih syang sprti Romo Yai? saya ykin tidak ada!
  • Rodhiiya DokterLizztrikk Pak..mohon pencerahan dari pertanya'an saya diatas. .
  • Khöçuè AthréèFight Irul anda amalkan saja terus smpi 40 hari.. biar anda tau Manisnya sholwat wahidiyah
  • Rodhiiya DokterLizztrikk sudah kok.. Hnya ingin penjelasan saja. . mereka pengontras nge'klaim tdk ada jawaban dari pihak wahidiyah tentang pertanya'an tersebut. .
  • Khöçuè AthréèFight Irul iya gmna yh mau jelasin... hm bingung mas
  • Ahmad Dimyathi MF .. KANG MAS IBRAHIM...TOLONG CERITAKAN SEDIKITA AJA LG... DAN SIAPA YANG ANDA MAKSUDKAN ROMO YAHI....? MBAH YAHI ABDUL MADJID MA'ROEF MU'ALLIF SHOLAWAT WAHIDIYAH QS WA RA ATAUKAN KANJENG ROMO KH. ABDUL LATIF MADJID RA..?
  • Ibrahim Sattah Al Gibran sya mau mngamalkn 40harian tnpa doktrin agama krn sya memang awam. jdi dasar sya mngamalkan ya hnya krn knikmatan amalan itu. jdi maaf sya tk bs mnjwab prtanyaan anda Pak Dokter.
  • Ahmad Dimyathi MAS RODHIIYA SABAR DULU..INSYA ALLOH TAR KAMI JELASKAN....!
  • Khöçuè AthréèFight Irul gini Romo Yahi R.A adalh pengasuh Pon.Pes KedungLo Beliau Putra MBAH YAHI ABDUL MADJID MA'ROEF MU'ALLIF SHOLAWAT WAHIDIYAH QS yg di maksud Romo Yahi Adalah KANJENG ROMO KH. ABDUL LATIF MADJID RA
  • Ibrahim Sattah Al Gibran Romo saya adl Kanjeng Romo Abdul Latif Madjid RA. krn beliaulah yg sya knal. krn Mbah Yai Madjid QS. tlah wafat sblum sya mngenal Wahidiyah.
  • Ibrahim Sattah Al Gibran Sumpah Demi Allah, sya gmetar dsaat mmposting tulisan ini. Nuwun sewu Romo... ngapunten...
  • Khöçuè AthréèFight Irul iya betul karnah Mbh Mualif yg artny (pencipta) sholawat Wahidiyah
  • Burdha Al Cahya jaminan mbah yai YG ada di lembaran sholawat wahidiyah udah di pertangungjwbkan sal kita betul2 mengamalkan..
  • Khöçuè AthréèFight Irul iya itu duku tpi skrng gk ada... cuma yg mau yg ingin mengenal Allah yg ingin Dekat Allah, Wa Rosulihi S.A.W
  • Faaris Adista Klo gk bs jawab, gk d jawab. Jawaban apappun yg anda beriakan, blum tentu mereka menerimanya. Wahidiyah haruz d pahami secara batiniah. Sulit rasanya memahami secara lahiriah & argumen. Baiknya gk perlu berdebat, belum tentu ada gunanya. Biar mereka paham dgn sendirinya.
  • Rodhiiya DokterLizztrikk Farisa:iya memang betul itu. .tp rasanya saya nggk terima orang sudah hafal qur'an hadits masih jga mengeklaim amalan orang lain. .
  • Ibrahim Sattah Al Gibran maaf Pak Ahmad, bkanya sya tdk mau crita, tpi sya tkut klo sya salah dlm mnceritakanya, dn tkutnya mlah mmbuat kontrofersi. trima kasih.
  • Khöçuè AthréèFight Irul iya sya jga gtu.... sharing adja lngsung pda guru PW SMA Wahidiyah sja... Pak Ali
  • Ahmad Dimyathi SEBENARNAY ITU GPP, PABILA ADA PENGALAMAN2 RUHANI/ALAMAT GHOIB/RUKYAH SHOLEHAH AGAR DILAPORKAN/DICERITAKAN KE PUSAT, ITU DIPERINTAHKAN OLEH MBAH YAHI MU'ALLIF SHOLAWAT WAHIDIYAH QS WA RA AL-GHOUTS FII ZAMANIHI DAN JUGA OLEH KANJENG ROMO KH. ABDUL LATIF MADJID RA AL-GHOUTS FII HADZAZ ZAMAN, UNTUK TAHADDUTS BINNIKMAH DAN BERGUNA SEKALI TUK PENYIARAN DAN PEMBINAA WAHIDIYAH....MAKA KALAU BISA TOLONG CERITAKAN DISINI DIKIT AJA..SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA DAN KITA SEMUA...AMIIN...
  • Khöçuè AthréèFight Irul Iya... tpi kalau nanti takut salah faham karnah bhsku ini gmana gitu... ntar mlh gk sesuai hrpn.
  • Ibrahim Sattah Al Gibran ngapunten Romo, smoga yg sya tuliskan benar; skitar th 2005/2006. jauh sblum sya mngenal Wahidiyah, sya brmimpi brada dlm sbuah acra prsowanan ditngah pdang psir dg laki2 brwjah cerah dn smpurna yg sya ykini sbgai Rasulalloh SAW dduk diatas batu. dn pd thun 2011 ktika prtma kali kubro, sya mlihat hal yg sma dsaat sowan sma Romo Yai, dn skejap sya jtuh pingsan tk kuat mmandang wajah Romo. dn ktika sya kubro itu, sya lom apal lembaran, jd mujhadahnya cma nida'. tpi stlah pulang sya lngsung apal lmbaran.
  • Ahmad Dimyathi MKSIH JAZAA KUMULLOH..KANG IBRAHIM YG DIMULYAKAN ALLOH SWT, DISINI KAMI AKAN MENJAWAB PERTANYAAN KANG RODLIIYA DOKTER....SBB. :.....
  • Ahmad Dimyathi 1. Periode Tantangan dan Pemantapan

    Sebagai realisasi dari perintah ghaib agar beliau Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA ikut berjuang memperbaiki mental masyarakat lewat jalan bathiniyah, maka setelah lahirnya Sholawat Wahidiyah beliau pun segera menyuruh beberapa orang untuk mengamalkannya. Setelah mengetahui hasil uji coba beberapa orang yang mengamalkan Sholawat Wahidiyah (saat itu masih Sholawat Ma’rifat saja) menunjukkan hasil positif, maka beliau lebih giat untuk menyiarkan Sholawat Wahidiyah pada masyarakat umum. Beliau memanfaatkan acara-acara yang dihadiri orang banyak dan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memperkenalkan Sholawat Wahidiyah. Hal ini dilakukan karena mempunyai nilai strategis yang amat efektif dari sudut perjuangan. Sebab pada umumnya acara-acara besar akan dihadiri oleh orang-orang terkemuka dan punya pengaruh cukup luas. Hal tersebut merupakan faktor yang perlu diperhitungkan dalam dakwah (syiar) Wahidiyah kepada masyarakat umum. Kehadiran para ulama, umara dan tokoh masyarakat adalah kesempatan emas untuk melakukan penyiaran Wahidiyah.
    Tidak ketinggalan pada acara Walimatul Khitan Agus Abdoel Hamid, Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA mengundang ulama besar dari berbagai daerah di Jawa Timur disamping keluarga dan undangan lainnya. Hadir sebagai bintang tamu (tamu khusus) pada acara yang digelar pertengahan tahun 1964 itu antara lain, K.H. Abdoel Wahab Hasbullah, Pengasuh Pondok Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang yang juga sebagai Rois ‘Am Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) III (1946-1971). Juga hadir K.H. Mahrus Ali Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yang juga sebagai Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dan turut hadir pula K.H. Abdoel Karim Hasyim pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang serta K.H. Hamim Jayuli (Gus Mik) putra K.H. Djazuli Utsman Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri.[17]
    Pada acara Walimatul Khitan ini acara mau’idhatul hasanah (pengajian/hikmah walimatul khitan) ditiadakan. Susunan acara lengkapnya adalah; Pembukaan, Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran, Sambutan Panitia Penyelenggara dan sambutan-sambutan. Sambutan shahibul hajah disampaikan oleh beliau Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA sendiri. Kemudian diteruskan sambutan yang kedua dari K.H. Abdoel Wahab Hasbullah dan sambutan yang ke tiga dari K.H. Mahrus Ali.
    Gus Mik yang pada waktu itu mendapat tugas sebagai ketua panitia dalam sambutannya antara lain berkata:

    كُلُّ جَمْعٍْ مُؤَنَّثٌ

    Kalimat lengkapnya dari syair :

    لَيْتَ قَوْمِيْ تَجَمَّعُوْ # وَبِقَتْلِىْ تَحَدَّ ثُوْا
    لاَ أُبَا لِىْ بِجَمْعِهِمْ # كُلُّ جَمْعٍْ مُؤَنَّثٌ

    Artinya: “Barangkali kaumku berkumpul dan membicarakan tentang cara membunuh aku. Aku tidak peduli dengan kumpul mereka. Sebab orang banyak (beraninya mengeroyok) itu seperti betina (tidak menunjukkan kejantanan)”.

    Selanjutnya Gus Mik menyatakan “Saya merasa di tengah-tengah harimau yang besar-besar. Supaya saya tidak takut dan ragu, semua ini saya anggap tidak ada. Dengan nada berat Gus Mik melanjutkan sambutannya, Para hadirin ! Siapakah sebenarnya Agus Abdoel Madjid itu ?, Pertanyaan itu dijawab oleh Gus Mik sendiri; Beliau adalah roisul ‘arifin. Hadirin ! Seumpama beliau Syekh Abdoel Qodir al Jailani masih hidup, saya yakin beliau akan juga ikut mengamalkan sholawatnya Agus Abdoel Madjid ini !”.[18]
    Dalam sambutannya sebagai shohibul hajah beliau Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA memberikan ijazah Sholawat Wahidiyah kepada para tamu yang hadir. Di antara dawuh yang beliau sampaikan dalam sambutannya antara lain sebagai berikut : “Nuwun sewu, kulo nggadahi amalan Sholawat Wahidiyah. Menopo Panjenengan kerso kulo ijazahi ?” (Maaf, saya punya amalan sholawat (Sholawat Wahidiyah). Apakah anda mau saya ijazahi ?). Spontan hadirin menjawab dengan suara gemuruh dan serempak “kerso (mau)”. Di antara mereka ada yang setengan berdiri, bahkan K.H. Wahab Hasbullah dengan berdiri dan mengacungkan tangan menyambut ijazah tersebut dengan suara lantang:

    قبلت أ وّلا

    (Saya menerima paling dulu) dengan mengulanginya tiga kali.

    Atas ijazah yang disampaikan Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA itu, sambutan-sambutan selanjutnya berisi tanggapan terhadap Sholawat Wahidiyah (Ma’rifat) yang baru saja beliau ijazahkan. Di antaranya tanggapan dari K.H. Abdoel Wahab Hasbullah adalah sebagai berikut “Hadirin! Ilmunya Gus Madjid itu dalam sekali. Ibaratnya sumur yang dalamnya sepuluh meter, sedangkan saya hanya memiliki ukuran (kedalaman) satu sampai dua meter saja”. Lanjut dawuh beliau “Sholawatnya Gus Madjid akan saya amalkan”. Sedangkan sambutan K.H. Mahrus Ali antara lain mempermasalahkan Sholawat Wahidiyah tentang isnad minal adillah dan pertanggungjawaban.[19] Bahkan pada tanggal 28 Desember 1984, K.H. Mahrus Ali membuat selebaran yang isinya mempermasalahkan Sholawat Wahidiyah. Dalam selebaran itu K.H. Mahrus Ali juga menyatakan bahwa santri Lirboyo diharamkan mengamalkan Sholawat Wahidiyah sebab ajarannya bertentangan dengan syari’at.[20] (Isi lengkap dari selebaran KH. Mahrus Ali akan dibahas pada bagian lain).
    Atas tanggapan K.H. Mahrus Ali terhadap Sholawat Wahidiyah tersebut, perjuangan Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA untuk menyiarkan Sholawat Wahidiyah kepada masyarakat umum mulai ada batu sandungannya. Tidak dapat disangkal, K.H. Mahrus Ali merupakan seorang tokoh dan ulama besar yang mempunyai pengaruh cukup luas kepada umat Islam khususnya warga nahdhiyin.
    Akibat pernyataan K.H. Mahrus Ali itu muncul isu di masyarakat bahwa Sholawat Wahidiyah itu amalannya jin, barang siapa mengamalkannya akan gila dan masih banyak isu-isu yang intinya mendiskreditkan Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA dan Sholawat Wahidiyah.
    Semua fitnah dan isu-isu yang ditujukan kepada Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef QS RA, beliau tanggapi dengan penuh kesabaran. Beliau tidak patah arang (putus asa), bahkan semakin bersemangat dalam menyiarkan Sholawat Wahidiyah. Semangat juang beliau tidak lapuk oleh hujan tidak lekang oleh panas. Beliau terus dan terus berjuang, semangat juangnya bagaikan kobaran api yang terus membara. 
    Beliau menyadari, bahwa Perjuangan Wahidiyah tidak akan berhasil manakala tidak didukung dengan kader-kader (pejuang) Wahidiyah yang handal dan militan. Oleh sebab itu, dalam perjuangannya beliau mengadopsi sistem perjuangan Rasulullah SAW. Bersama dengan kader-kader Islam yang militan, Rasulullah SAW berjuang dengan penuh semangat dan kebersamaan. Nyata hasilnya, hanya dalam waktu 23 tahun perjuangan Nabi Muhammad SAW terhadap bangsa Arab berhasil meliputi segala segi dan bidang kehidupan. Ini adalah sukses besar yang menakjubkan dalam sejarah dunia. Kesuksesan Muhammad SAW yang paling menonjol adalah beliau musnahkan sifat kemusyrikan, ditumbuhkan sifat keimanan dan ketauhidan.
  • Ibrahim Sattah Al Gibran itu hnya sbagian kcil pngalaman rohani yg sya dpt. alnya pngalaman2 istimewa bkan hnya dlm mmpi, tpi jg dunia nyata. mkanya mnta doanya buat smua sdra2 dsni agar sya bs mnyesaikan 40harian sya skrng dmi bs kmbali diikut srtakan dlm barisan Romo Yai dn diampuninya smua ksalahan sya stlah mlakukan bgtu bnyak kmaksiatan bbrpa bulan trakir. 
  • Rawa Rubi
    إِذا طَنَّتْ أُذُنُ أحدِكُمْ فَلْيَذْكُرْنِي ولْيُصَلِّ عَلَيَّ ولْيَقُلْ ذَكَرَ الله مَنْ ذَكَرَنِي بِخَيْرٍ
    الجامع الصغير للسيوطي

    Jika berdengung telinga seseorang dari kalian, maka ingatlah aku (Nabi SAW), dan bershalawatlah atasku, dan katakan: Dzakarollohu man dzakaroni bi khayr (Semoga Allah menyebut orang yang menyebutku (Nabi SAW) dengan kebaikan).
    [Al-Jami'ush Shoghir lis Suyuthi]
  • Ahmad Dimyathi 2) Tanggapan K.H. Mahrus Ali

    Sejak awal lahirnya Sholawat Wahidiyah, sebenarnya K.H. Mahrus Ali, pengasuh Pondok Pesantren Liroyo Kediri, sudah mempermasalahkan Sholawat Wahidiyah. Hal ini terbukti ketika K.H. Mahrus Ali memberikan sambutan pada acara Walimatul Khitan Agus Abdoel Hamid Madjid.yang dilaksanakan pada pertengahan tahun 1964 di Kedunglo. Entah mengapa K.H. Mahrus Ali baru menanggapi Sholawat Wahidiyah dengan lebih “serius” dengan membuat selebaran pada tahun 1984 ---21 tahun setelah lahirnya Sholawat Wahidiyah--- yang pada waktu itu Sholawat Wahidiyah sudah diamalkan oleh puluhan ribu masyarakat umum dan menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.
    Selebaran yang dibuat pada tanggal 28 Desember 1984 itu digandakan dan disebarluaskan ke berbagai daerah di Indonesia, di antaranya daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan luar Jawa, antara lain Kalimantan dan mungkin daerah-daerah lain juga dikirimi.[43]
    Isi dari selebaran itu berisi tanggapan negatif terhadap Sholawat Wahidiyah, di antara isi pokok selebaran itu antara lain, Sholawat Wahidiyah tidak mempunyai isnad minal adillah, Ajaran Wahidiyah banyak yang bertentangan dengan syari’at Islam, santri-santri Lirboyo diharamkan mengamalkan Sholawat Wahidiyah.[44] Berikut secara lengkap transkip selebaran yang dibuat oleh K.H. Mahrus Ali.

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    jhglhgj……………..Alhamdulillah, kulo sampun nampi serat. Perkawis Sholawat Wahidiyah puniko damelan/gawe-gawe K.H. Abdoel Madjid Ma’roef piyambak. Mboten anggadahi isnad minal adillah. Milo ulama’-ulama’ Kediri khususipun ugi ulama’-ulama’ Nahdhatul Ulama’ mboten wonten ingkang ngamalaken Sholawat Wahidiyah. Malah santri-santri Lirboyo kaliyan panjenenganipun Kiai Marzuqi Dahlan lan Mahrus Ali dipun haromaken ngamalaken Sholawat Wahidiyah, jalaran ajaranipun katah bertentangan kaliyan syari’at. Matsalan pelajaranipun: Sopo-sopo wonge wis ngamalaken Sholawat Wahidiyah zaman 41 dino ditanggung ing yaumil qiyamah slamet tur mlebu suargo sak anak turune. Puniko naminipun ‘ujub bil a’mal wal ‘ujub bil a’mali minal kabaairi. Wafilhadis :
    …………………..
    ………….
    Puniko hadis awih weruh kaliyan terang bilih Rasulullah kemawon kaliyan keluargo mboten wani tanggung jawab/mboten tanggung jawab benjing yaumil qiyamah. …………..lan dawuhipun Imam Junaid shulthonul ‘arifin ………..

    Dalah dateng Allah SWT katah mboten wushul/…..kejawi tiyang-tiyang ingkang anut syari’atipun. Ugi dawuh………….
    Wafi riwayat…………………….. tiyang puniko kebujuk howo nafsu ….naudzubillah mindzalik. ……………moco sholawat …….sebab sholawatipun wonten ………..

    Itulah selebaran secara lengkap yang dibuat oleh K.H. Mahrus Ali yang menanggapi Sholawat Wahidiyah dengan menggunakan bahasa Jawa, dan apabila dibahasa Indonesiakan akan berbunyi demikian :

    “…………..Alhamdulillah, saya sudah menerima surat……… Perkara Sholawat Wahidiyah itu buatan K.H. Abdoel Madjid Ma’roef sendiri. Tidak mempunyai isnad minal adillah. Maka ulama-ulama Kediri khususnya dan ulama-ulama Nahdhatul Ulama’ tidak ada yang mengamalkan Sholawat Wahidiyah. Bahkan santri-santri Lirboyo oleh beliau Kiai Marzuqi Dahlan lan Mahrus Ali diharamkan mengamalkan Sholawat Wahidiyah, sebab ajarannya banyak yang bertentangan dengan syari’at. Misal pelajarannya: Siapa-siapa orangnya sudah mengamalkan Sholawat Wahidiyah selama 41 hari ditanggung di yaumul qiyamah (hari kiamat) slamet dan masuk syurga beserta anak turunnya. Ini namanya ujub bil a’mal wal ‘ujub bil a’mali minal kabaairi. Wafilhadis :
    …………………..
    ………….
    Hadis ini mengandung pengertian dengan jelas bahwa Rasulullah SAW saja dengan keluarga tidak berani tanggung jawab/tidak tanggung jawab besok yaumil qiyamah.

    Dampak selebaran yang ditulis K.H. Mahrus Ali itu sangat meresahkan dan membahayakan terhadap persatuan dan kesatuan umat serta ukuwah Islamiyah khususnya di kalangan warga nahdhiyin. Karena di antara warga NU banyak yang mengamalkan Sholawat Wahidiyah. Bahkan saat itu, sebagian tokoh-tokoh NU bereaksi dengan ikut-ikutan ---tanpa lebih dahulu melakukan tabayyun--- memberi penilaian (cap) bahwa Wahidiyah itu bertentangan dengan syari’at Islam dan melarang para jama’ahnya (pengikutnya) untuk mengamalkan Sholawat Wahidiyah.
    Untuk menjaga ukhuwah Islamiyah dan dalam rangka menemukan titik cair yang jernih dan penuh berisi kebenaran dan keadilan, maka pada tanggal 10 Sya’ban 1405 H/30 April 1985 M Penyiar Sholawat Wahidiyah Pusat mengirim surat kepada Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) dengan harapan, agar permasalahan yang timbul di masyarakat akibat selebaran dari K.H. Mahrus Ali tentang Sholawat Wahidiyah dapat diselesaikan dengan arif dan bijaksanana. Dalam suratnya yang bernomor 61/SW-XXIII/C/V/1985 tersebut, PSW Pusat dengan jelas menyampaikan tanggapan negatif K.H. Mahrus Ali mengenai Sholawat Wahidiyah. Disamping itu PSW Pusat juga menyertakan Lembaran Sholawat Wahidiyah dan buku-buku Wahidiyah yang berisi penjelasan Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah.[45]
  • Rodhiiya DokterLizztrikk K.H. Makrus ali kan termasuk ulama' besar,,tetapi memfitnah wahidiyah adalah amalan jin,maksud dari K.H makrus sendiri apa? Wahidiyah difitnah amalan tidak mu'tabarah..perkata'an mbah yai dalam lembaran wahidiyah difitnah tidak ada dalam qur'an dan hadits. . Itukan semua fitnah dari para pengontras. .
  • Ahmad Dimyathi PBNU melalui suratnya nomor: 409/A-II/01/VI/85 tertanggal 22 Ramadhan 1405 H/11 Juni 1985 M memberikan jawaban atas surat dari PSW Pusat yang telah dikirim beberapa hari yang lalu. Isi pokok surat dari PBNU itu antara lain berisi, bahwa PBNU belum pernah membicarakan masalah Sholawat Wahidiyah dalam forum-forum resmi seperti, Konferensi, Musyawarah atau Muktamar. Karena itu PBNU bersikap tidak melarang ataupun tidak menganjurkan kepada jamaah NU untuk mengamalkan Sholawat Wahidiyah. Sekiranya ada jamaah NU yang mengamalkannya, hal tersebut adalah hak mereka sepanjang amalan itu berada di dalam qoidah-qoidah syuriyah.[46]
    Disamping menulis surat secara resmi kepada PBNU dan pihak-pihak yang berkompeten, secara pribadi K. Mohammad Djayuli Yusuf memberikan tanggapan langsung kepada K.H. Mahrus Ali dengan mengirim surat jawaban tertanggal 12 Mei 1985. Berikut jawaban K. Mohammad Djayuli Yusuf terhadap selebaran yang ditulis oleh K.H. Mahrus Ali.
    Dalam foto copy selebaran tersebut di antaranya tertulis, Sholawat Wahidiyah itu buatan K.H. Abdoel Madjid Ma’roef sendiri. Tidak mempunyai isnad minal adillah. Maka ulama-ulama Kediri khususnya dan ulama-ulama Nahdhatul Ulama’ tidak ada yang mengamalkan Sholawat Wahidiyah.
    Tanggapan K. Mohammad Djayuli Yusuf adalah bahwa Sholawat Wahidiyah memang benar ditaklif (disusun) oleh beliau K.H. Abdoel Madjid MA’roef sendiri. Dan apabila yang dikehendaki oleh Bapak (K.H. Mahrus Ali) kata dibuat-buat itu dengan maksud lain sebagai meremehkan hasil karya seseorang, itu adalah hal yang tidak terpuji untuk dilakukan/diucapkan oleh seorang ulama besar seperti Bapak. Hal ini sama sekali tidak mendidik, bahkan menunjukkan berkecamuknya beberapa perasaan yang bertentangan dalam diri Bapak (hasuda).
    Kemudian pada kalimat tidak ada isnad minal adillah, apabila yang Bapak maksudkan dengan isnad minal adillah itu silsilah yang muttasil (bersambung/tidak putus) kepada Rasulullah SAW, maka saya perlu memberikan penjelasan kepada Bapak, agar Bapak lebih memahami masalah tersebut. Bahwa sholawat itu tidak diperlukan dan tidak disyaratkan adanya isnad minal adillah, karena sanadnya langsung kepada Rasulullah SAW. Hal itu sebagaimana tersebut dalam kitab Hasyiyah Showi “alal Jalalain Juz III.
    Kemudian apabila yang Bapak maksudkan isnad minal adillah itu dasar dan qoidah syar’iyyah itupun perlu saya berikan penjelasan, sebab semua sholawat, baik yang ma’tsuroh (sholawat yang langsung diajarkan langsung dari Rasululloh SAW) seperti yang disusun oleh para ulama as-sholihin seperti, seperti Sholawat Nariyah, Sholawat Munjiyat, Sholawat Badar, Sholawat Wahidiyah dan sebagainya, isnad minal adillahnya langsung dari Al-Quran dan Al-Hadis. Seperti firman Allah SWT dan sabda Rasulullah SAW berikut ini:
    ………………..
    …………….

    Artunya : Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. ( QS. Al-Ahzab [33] : 56 )[47]
    …………
    ………… HADIST

    Artinya : Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa membaca sholawat kepadaku (nabi) satu kali, Allah memberi balasan sholawat (rahmat dan maghfiroh) kepadanya sepuluh kali” (H.R. Muslim)

    Atas dasr ayat Al-Quran dan Hadis Nabi SAW di atas, semua jenis sholawat dengan tidak terkecuali mempunyai kedudukan yang sama, sekalipun maziyah dan kegunaannya berlainan. Sebagaimana disebutkan dalam kitab Sa’adatud Daraini halaman 373.[48]
    Selanjutnya mengenai kalimat “Bahwa santri-santri Lirboyo diharamkan mengamalkan Sholawat Wahidiyah sebab ajarannya banyak bertentangan dengan syari’at. Dengan alasan karena K.H. Abdoel Madjid Ma’roef telah menanggung, barang siapa yang mengamalkan Sholawat Wahidiyah selama 41 hari ditanggung besuk hari kiamat masuk syurga sampai anak keturunannya. Ini namanya ujub bil amal dan itu termasuk minal kabaair.
    Tanggapan yang disampaikan K. Mohammad Djayuli Yusuf adalah sebagai berikut: Mengenai kalimat ajarannya banyak bertentangan dengan syari’at, di sini Bapak menuduh seseorang dengan tanpa menunjukkan bukti. Dari mana Bapak dapatkan, sehingga Bapak berani berfatwa seperti itu ? tuduhan kepada seseorang tanpa menunjukkan bukti adalah fitnah: “Walfitnatu asyaddu minal qathli” (Memfitnah lebih kejam dari pembunuhan). Sedangkan Ajaran Wahidiyah pada intinya adalah Lillah dan Billah yang dimaksdkan adalah Syari’at dan Hakikat. Dan masalah ini bukan masalah baru dalam Islam, sebab dalam kitab-kitab salaf banyak menyebutkan, antara lain dalam kitab Kifayatul Atqiyak halaman 9.
    Selanjutnya bapak menyebutkan dengan kalimat: ”Siapa-siapa orangnya sudah mengamalkan Sholawat Wahidiyah selama 41 hari ditanggung di yaumul qiyamah (hari kimat) slamet dan masuk syurga beserta anak turunnya. Dari sini mennjukkan bahwa Bapak belum pernah tahu Sholawat. Sebab sepanjang yang saya ketahui selama 21 tahun saya ikut mengamalkan Sholawat Wahidiyah, belum pernah saya menemui bilangan hari pengamalan 41 hari seperti yang Bapak sebut itu. Yang ada adalah 40 hari. Padahal di dalam Lembaran Sholawat Wahidiyah yang beredar di masyarakat luas, bilangan itu tetap dicantumkan. Berarti Bapak hanya menerima berita kata orang Qila waqila.
    Dalam selebaran itu Bapak juga menulis dua hadis untuk dasar bahwa Rasulullah SAW tidak bertanggung jawab keada keluarganya lebih-lebih selain Rasulullah SAW. Pengertian Bapak terhadap hadis tersebut perlu saya berikan tanggapan yaitu pada hadis yang pertama dan kedua adalah dasar untuk haqiqotul amri. Bukan berarti ro’yu Bapak tersebut di atas. Adapun masalah syari’at atau lahiriyah seseorang tetap akan menerima balasan amalnya. Hal ini banyak disebutkan dalam ayat Al-Quran dan hadis-hadis shohih, antara lain sebagai berikut :

    ………….HAL. 44….] 

    Kemudian pada hadis kedua yang Bapak kemukakan, apabila kita memahaminya secara tekstual seperti pemahaman Bapak itulah jadinya. Untuk itu marilah kita telaah kembali beberapa kitab yang mengupas makna hadis tersebut. Seperti di dalam kitab Syawahidul Haq oleh Syeh Yusuf bin Ismail an Nabhani pada halaman 496, juga dalam Tafsir Showi. Dari penjelasan di kitab tersebut dapat disimpulkan, bahwa pada dasarnya Rasulullah SAW tetap bertanggung jawab dan mensyafa’ati kepada umatnya. Lebih-lebih kepada keluarganya. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis :
    …………..HAL ………. 45 (HR. Ahmad wan Nasai wa ibn Hibban fii Shohihihi wal Hakim ‘an Jabir)

    Sedang selain Rasulullah SAW dapat mensyafa’ati kepada selainnya. Lebih-lebih Rasulullah SAW sebagai sayyidul anbiya’ wal mursalin wa sayyidul kholki ajma’in, apakah masih perlu diragukan syafa’at beliau ? Na’udzubillah min dzalik ! Itulah hasil ketidaktelitian Bapak dalam menganalisis sesuatu permasalahan dan kurang cermatnya Bapak dalam menerapkan dalil terjadilah kesimpulan yang tidak tepat/benar itu.
    Akhirnya saya mengharapkan kepada Bapak hendaknya hal-hal seperti itu semua supaya dapat dihindarkan karena sama sekali tidak sepadan dengan predikat dan tugas Bapak sebagai sesepuh tinggi dari jam’iyyah Nahdhatul Ulama’. Saya yakin bahwa masih banyak hal-hal yang jauh lebih penting untuk dipikirkan seorang pimpinan tinggi Nahdhatul Ulama’ seperti Bapak, daripada membahas masalah-masalah yang justru mengakibatkan resahnya umat dan membahayakan terhadap persatuan dan kesatuan umat serta ukhuwah Islamiyah khususnya di kalangan keluarga besar Nahdhatul Ulama’.
    Sekian, semoga penjelasan ini dapat menjadi perintis tegak teguhnya persatuan dan kesatuan umat Islam khususnya dalam wadah jam’iyyah Nahdhatatul Ulama’ yang kita dambakan. [49]
  • Ibrahim Sattah Al Gibran trima kasih Pak Ahmad atas pnjelasanya. sya jdi tmbah ilmu yg mdah2an brmanfaat. alnya sya dlu da pngalaman saat mnyiarkan sholawat tsb kpd seorang kpala skolah yg trnyta beliau alumni Lirboyo. dn sya kaget dg prnyataan beliau ttg mngharamkan Sholawat Wahidiyah. alhamdulillah, mlalui tulisan Bpak sya jdi tau.
  • Rodhiiya DokterLizztrikk Trima kasih pak ahmad atas pencerahanx. ..
  • Ibrahim Sattah Al Gibran ohya Pak Ahmad, mayoritas orang2 dkampung sya adl simpatisan Lirboyo, bhkan Mbah dn Paman2 sya sndri jg kyai yg brkiblat pd Lirboyo. gmna ne? 
    trus klo saya? boro2 dianggap alim, dianggap preman malah iya. sya trasa kontras bngt dbanding cucu2 Mbah sya yg lain yg alim2.
  • Ahmad Dimyathi GPP, TETAP DISIARI DENGAN CARA LAHIR DAN BATIN. SECARA LAHIRIYYAH TETAP KITA BERSIKAP SOPAN DAN SANTUN, KITA BERAKHLAQ DAN BERKEPRIBADIAN WAHIDIYAH SEBAGAI PENYIARAN BILHAL, DAN TETAP DIAJAK MENGAMALKAN WALAUPUN HANYA YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOH, CARLAH WAKTU DAN SAAT YG TEPAT. SECARA BATINIYYAH MUJAHADAI MEREKA DENGAN AUROD MUJAHADAH PENYIARAN WAHIDIYAH, DAN PERBANYAK FAFIRRUU ILALLOH DAN DITIRAKATI....DITUJUKAN KEPADA MEREKA....
  • Ibrahim Sattah Al Gibran trima kasih. ohya, sya mo undur diri dulu. mo 40harian dlu mmpung lom ngantuk. smoga diskusi ini brmanfaat. yaa sayyidii yaa rasullalloh...wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh...
  • Rodhiiya DokterLizztrikk Yaa sayyidi yaa rosulalloh. .
  • Pujiyono Wahidiyah trimksh atas tauziyah'y n tambah wawasan,,di tegal sndri jg ada kyai dukun alumni lirboyo pengontras nomer satu di tegal,tp aneh'y berani'y dr belakang kayak bencong ga brni terang2an n hati'y dh sekeras baja ttp musui wahidiyah,,klo nuruti nafsu pengen'y langsung dorrrr aja selesai masalah n wasalam tu kyai dukun busuk yg bkin onar mulu...gmm saran'y yg terbaik?..suwum.
  • Ahmad Dimyathi ANNGGAP AJA MEREKA ITU "KAWAN SETIA" KITA DLM PERJUANGAN FAFIRRUU ILALLOH WA ROSUULIHI SAW (FATWA AMANAT MBAH YAHI QS WA RA), BUKANKAH DENGAN ADANYA KONTRAS ITU KITA SEMAKIN BERSEMANGAT DAN MENINGKAT PERJUANGANNYA, MENINGKAT MUJAHADAHNYA...., MENINGKAT RASA SYUKURNYA.... KENAPA YG DIJADIKAN KONTRAS KOK BUKAN SY.....DLL..., JDI AMBIL AJA HIKMAHNYA, BERKHUSNUDHON AJALAH...., SEBAB KALAU KITA MARAH DENGAN LINNAFSI BINNAFSI YG RUGI KITA SENDIRI, HATI INI MENJADI KOSONG DAN GELAP GULITA......, SEHINNGGA SETAN MUDAH MASUK KE HATI INI.......Wallohu a'lam....

No comments:

Post a Comment